Tahukah Kamu Apa yang Terjadi Jika Kita Rutin Minum Air Madu Setiap Hari?

Sudah banyak kisah dan penelitian yang berbicara tentang keajaiban madu juga air. Terkadang kita meminum air dan madu saja dengan cara terpisah; minum air ya minum air, minum madu ya minum madu. Ternyata gabungan air dan madu juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting bagi tubuh kita.

AIR

Air merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi, bahkan tubuh manusia dewasa pun terdiri dari 60% air. Dapat disimpulkan air merupakan bagian paling penting dalam tubuh kita. Manusia dipercaya masih bisa bertahan hidup beberapa lama hanya dengan minum air tanpa makan, tapi manusia tanpa minum air peluang hidupnya lebih rendah.

Agar berfungsi dengan baik dan terhindar dari dehidrasi, tubuh manusia membutuhkan sekitar satu hingga tujuh liter air setiap harinya tergantung berat badan, tingkat kegiatan, suhu, kelembaban dan faktor lainnya. Jumlah air yang diminum dipercaya sekita 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Tapi hasil penelitian di tahun 2008 oleh Universitas Pennsylvania menyatakan bahwa konsumsi air sebanyak 8 gelas tidak terbukti banyak membantu menyehatkan tubuh. Malah di beberapa kasus, 8 gelas per hari bagi seseorang bisa jadi terlalu banyak yang malah dapat menyebabkan hiponatremia yaitu keadaan ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Cairan dalam tubuh kita dapat terpenuhi tidak hanya dari air putih tapi dari makanan atau minuman jenis lainnya. Sementara itu air yang baik untuk diminum langsung atau dicampur dengan bahan lain adalah air yang bersih dan sehat dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jernih dan tidak keruh   
  • Tidak berwarna 
  • Rasanya tawar dan tidak berbau   
  • Derajat keasaman(pH)nya netral sekitar 6,5 – 8,5   
  • Tidak mengandung zat beracun  
  • Tidak mengandung bakteri patogen seperti E. Coli

 

MADU

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup tapi lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Walaupun rasa manis madu mirip dengan gula, tapi senyatanya rasa manis madu berbeda.

Selain keunikan rasa, madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0,6. Aroma madu bergantung dari sumber nektar yang diambil lebah.

Penggunaan madu oleh manusia sudah dilakukan sejak jaman dulu. Dari dulu manusia menggunakan madu sebagai pemanis atau perasa untuk makanan dan minuman. Selain itu madu juga sudah digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit, meskipun penjelasan kimianya baru bisa ditemukan saat manusia maju di dunia kedokteran.

Seperti halnya makanan lain, madu yang banyak beredar di pasaran belum terjamin keasliannya. Kadang dibutuhkan kejelian khusus untuk membedakan mana madu asli mana madu yang sudah dicampur gula atau bahan lainnya. Berikut adalah ciri-ciri madu yang asli dan baik.

  • Madu asli tidak dikelilingi semut karena tidak disukai semut
  • Jika dilarutkan ke dalam air, madu asli membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengendap dan larut karena kekentalannya yang tinggi
  • Jika terkena kertas, madu asli tidak akan tembus ke belakang karena mengandung air yang sangat sedikit sekali 
  • Jika dimasak akan berbentuk seperti gelembung tapi tidak berbuih
  • Jika dijemur tidak akan mengering
  • Jika diletakan dalam kulkas tidak akan membeku
  • Jika terkena kain madu tidak akan menimbulkan noda
  • Jika kepala korek api dicelupkan pada madu, ketika dibakar api akan tetap menyala

 

AIR+MADU

Air dan madu yang baik jika digabungkan tentu hasilnya akan baik pula. Berikut adalah yang akan terjadi jika kita rutin minum air madu setiap hari seperti ulasan kutip dari Lifehack.

1. Mengurangi gas dalam tubuh

Seringkali kita merasa perut kita penuh dengan gas yang membuat tidak nyaman kadang membuat kita jadi uring-uringan. Jika merasa perut kembung, segelas air hangat dicampur madu akan menetralisir gas di dalam sistem tubuh kita. Dan kita akan merasa lebih ringan daripada sebelumnya.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Madu memiliki manfaat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita yang impresif. Madu organik dipercaya memiliki kemampuan yang jauh lebih maksimal daripada madu biasa untuk membunuh bakteri jahat. Segelas air madu organik penuh dengan enzim, vitamin, dan mineral yang akan melindungi kita dari bakteri yang menjijikan.

3. Mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh

Madu dan air hangat merupakan salah satu kombinasi terbaik untuk mengeluarkan sampah dari tubuh kita. Katakan, “selamat tinggal racun, selamat datang detoks.” Jangan lupa tambahkan lemon ke dalam campuran madu dan air hangat tersebut untuk mendapatkan manfaat meningkatkan pengeluaran urin.

4. Membersihkan kulit

Kulit merupakan cerminan dari sehat atau tidaknya sistem tubuh kita. Seiring dengan keluarnya sampah dari tubuh kita, madu juga merupakan anti-oksidan alami dan anti bakteri yang membantu merawat kulit kita menjadi lebih cerah dan bersih. Kita akan mendapatkan kulit yang lebih baik dan sehat jika rutin meminum air madu.

5. Mengurangi berat badan

Rasa madu memang manis, tapi manis yang didapat bukan dari gula putih biasa melainkan gula alami. Rasa manis dari gula alami ini akan membantu memuaskan hasrat kita untuk makan yang manis-manis seperti kue, permen, cokelat, dan minuman bersoda. Dengan menyingkirkan makanan-makanan yang manis seperti tadi dapat menghemat kalori sebanyak 64%.

6. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Salah satu minuman musim dingin yang paling disukai adalah air madu hangat. Salah satu alasannya karena air madu hangat dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan sakit tenggorokan. Selain itu air madu hangat dapat membuat tubuh menjadi hangat kala menghadapi musim dingin. Madu merupakan obat alami bagi infeksi pernafasan dan batuk biasa.

7. Mengatur kadar gula darah

Kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu ternyata mampu membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah dan juga membuat kadar kolesterol yang lebih rendah.

8. Mencegah sakit jantung

Kandungan flavonoid dan anti-oksidan dalam madu dapat membantu dan mencegah resiko sakit jantung. Hasil penelitian menyatakan bahwa madu menurunkan tingkat proses oksidasi kolesterol jahat dalam darah manusia. Proses oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh mempunyai efek buruk yaitu serangan jantung dan stroke.

Dari ulasan.net di atas dapat diambil kesimpulan ternyata ada begitu banyak manfaat dari air madu bagi tubuh kita jika diminum rutin setiap hari. Tertarik untuk mencoba?



Leave a Comment