PWNU Jatim Keluarkan Fatwa 'Haram' Untuk Acara Karma ANTV. Begini Tanggapan Pihak ANTV.

Acara reality show Karma yang tayang di stasiun TV  swasta ANTV kini resmi di fatwa haram oleh PWNU Jawa Timur pada Minggu, 29 Juli 2018 malam.

Alasannya, para ulama NU berpendapat tayangan Karma tergolong menayangkan arrof atau kahin (peramal) serta mengandung unsur-unsur menyebar luaskan aib orang lain.

Selain itu Karma juga memublikasikan praktek keharaman serta dapat merusak akidah orang lain. Sementara hukum yang menonton dan mempercayainya tayangan Karma adalah haram.

Loading...

Fatwa diharamkannya acara yang dipandu oleh Roy Kiyoshi dan Robby Purba itu diambil dalam bahtsul masail (forum diskusi para ulama) yang digelar bersamaan dengan Konferensi Wilayah ( Konferwil) NU Jatim di Ponpes Lirboyo, Kota Kediri.

Menurut Kiai Ali Maghfur, acara Karma diperbolehkan apabila tayangan itu sebagai bahan kajian atau dlorbil amtsal (memberi contoh) untuk memberikan nasehat atau untuk membedakan antara yang haq dan bathil selama tidak sampai mempercayai ramalannya.

"Hukum menonton tayangan Karma adalah haram, kecuali untuk memberikan nasihat atau untuk membedakan antara yang haq dan bathil, selama tidak sampai mempercayai ramalan-ramalan tersebut," tutur Kiai Ali Maghfur.

Sementara hukum bagi yang mengajukan diri sebagai peserta dalam acara tersebut sama dengan mendatangi kahin atau peramal sehingga hukumnya haram. Karena sama halnya dengan mendatangi kahin atau peramal.

Atas putusan tersebut, Head of Corporate Communications Division ANTV, Nugroho Agung Prasetyo akhirnya memberi tanggapan.

"Alhamdulillah, ANTV mengapresiasi dan berterima kasih atas masukannya. ANTV selalu membuka diri terhadap berbagai masukan terkait tayangannya," tutur Nugroho Agung Prasetyo.

Agung menambahkan, adanya fatwa tersebut akan menjadi bahan evaluasi internal pihak ANTV nantinya selaku penayang acara tersebut.

"So far, masih belum bisa komentar lebih banyak lagi karena posisi saya di Bandung dan harus koordinasi dengan manajemen lebih dulu," pungkasnya.

Bagaimana menurut anda? Setujukah jika acara Karma diharamkan?

Loading...

Leave a Comment