Kenapa Diet dan Olahraga Dapat Membuat Payudara Membesar? Ini Penjelasannya

Bagi sebagian wanita merasa kurang puas memiliki payudara yang kecil, jangan khwatir, bila Anda termasuk golongan tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba tips berikut ini.

Cara diet dan olahraga yang tepat dan mudah seperti dilansir dokter.id, adalah

Latih otot dada Anda
Mengangkat beban bukan saja merupakan sebuah cara yang baik untuk meningkatkan kekuatan, suasana hati, membuat tubuh semakin sehat tetapi juga merupakan sebuah cara yang ampuh untuk meningkatkan ukuran payudara Anda.

Secara spesifik, melatih otot-otot pektoral atau otot dada di bawah payudara  dengan latihan kekuatan yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan ukuran, kekencangan payudara, sehingga payudara akan terlihat kencang dan lebih padat.

Di bawah ini adalah dua contoh latihan yang bisa Anda coba:
Chest press: Berbaringlah pada punggung Anda dengan posisi lutut tertekuk dan kaki menempel pada lantai. Pegang satu halter pada setiap tangan, dengan posisi siku yang tertekuk pada sudut 90 derajat. Gunakan otot-otot dada Anda untuk mengangkat beban ke arah langit-langit dan sentuhkan keduanya. Turunkan kembali beban ke posisi awalnya dengan perlahan-lahan dan lancar. Lakukan 3 set latihan, dengan setiap set sebanyak 12-15 kali pengulangan. Lakukan latihan ini 3-5 kali seminggu.

Push-up: Bertumpulah di lantai dengan tangan dan lutut Anda. Angkat kaki dan luruskan, tumpukan keseimbangan tubuh Anda pada ujung jari-jemari kaki. Tekukkan lengan untuk merendahkan posisi tubuh sehingga mendekati lantai. Gunakan lengan dan dada Anda untuk mengembalikan tubuh ke posisi awal. Pertahankan agar punggung Anda tetap lurus dan pinggul Anda tetap terangkat sehingga tubuh membentuk sebuah garis lurus. Anda bisa menempelkan lutut Anda ke lantai jika push-up standar terlalu sulit bagi Anda. Lakukan 3 set sebanyak 12-15 repetisi setiap setnya. Ulangi 3-5 kali seminggu.

Fokuslah pada otot-otot bahu dan punggung
Otot dada bukanlah satu-satunya otot yang harus dilatih. Pada umumnya, saat Anda melakukan latihan kekuatan, perlu dipastikan Anda melatih semua kelompok otot besar di setiap minggunya untuk mendapatkan kekuatan tubuh total secara maksimal dan mencegah terjadinya cedera.

Sebagai tambahan, membentuk kelompok-kelompok otot selain kelompok otot dada dapat memberikan efek yang positif bagi ukuran payudara. Sebagai contoh, memperkuat otot-otot punggung dan bahu dapat membuat tubuh atas terlihat terbentuk, kokoh, dan membantu Anda dalam mempertahankan postur tubuh yang tegak. Kedua hal ini dapat membantu dalam membuat payudara terlihat lebih besar dan berbentuk.

Latih bahu dan punggung seperti contoh latihan di bawah ini:
Y Raise: Berdiri dengan kedua kaki terbuka pada posisi yang sejajar dengan bahu Anda. Pegang satu halter pada setiap tangan di depan paha. Dengan gerakan yang mulus dan terkontrol, angkat halter di depan dan melewati tubuh Anda sehingga Anda membentuk huruf "Y" shape.

Pertahankan posisi tubuh dan postur punggung yang tegak saat Anda melakukan ini. Selesaikan latihan dengan menurunkan beban ke posisi awalnya secara perlahan-lahan. Lakukan 3 set (dengan 15-20 kali pengulangan untuk setiap set). Lakukan 3-5 kali latihan setiap minggu.

Renegade Row: Pegang dua halter dan posisikan diri Anda dalam postur push-up. Kedua lengan harus berada dalam posisi lurus. Seimbangkan pinggul Anda, tarik satu halter dari lantai ke arah dada Anda, dengan menjaga agar sikut Anda tertempel pada tubuh Anda. Turunkan kembali halter ke lantai dan ulangi proses yang sama untuk lengan satunya. Lakukan 3 set latihan dengan 12-15 kali repetisi untuk setiap set, sebanyak 3-5 kali seminggu.

Jangan takut menjadi terlalu besar
Sebenarnya hal yang menyatakan bahwa wanita bisa menjadi besar, sangat berotot, dan tidak menarik karena latihan kekuatan adalah sebuah mitos.

Faktanya, hampir mustahil bagi wanita untuk menjadi besar dan berotot jika ia bukan binaragawati profesional atau tidak menggunakan steroid. Wanita tidak memproduksi hormon testosteron sebanyak pria, sehingga lebih sulit bagi wanita untuk mendapatkan otot-otot yang besar.

Walaupun wanita bisa menjadi lebih kuat dan memiliki tubuh yang lebih terbentuk, mereka harus berlatih dengan cara latihan atlet profesional atau menggunakan steroid untuk mulai terlihat berotot secara maskulin.

Tambah berat badan
Jika Anda bertubuh kurus, pertimbangkan untuk menambah berat badan. Payudara terbentuk terutama dari jaringan lemak. Seperti jaringan lemak lainnya pada tubuh, payudara juga akan bertambah kecil ketika seorang wanita kehilangan berat badan.

Apabila tubuh Anda kurus dan memiliki payudara yang kecil, maka dengan menambahkan beberapa kilogram lemak dapat membantu memperbesar payudara Anda. Akan tetapi, hindari makan terlalu banyak. Efek negatif yang ditimbulkan oleh penambahan berat badan yang terlalu cepat adalah mudahnya terjadi kerusakan organ tubuh.

Pilihan terbaik Anda adalah dengan meningkatkan masukan kalori secara sedang selama satu atau dua minggu, lalu nilai hasil yang Anda dapatkan. Jika Anda tidak menyukainya, kembalilah ke pola makan Anda sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa setiap wanita memiliki alokasi berat yang berbeda. Beberapa wanita bisa mengalami pertambahan berat badan pada bagian paha, perut, atau lainnya sebelum bagian dada.

Mengikuti diet yang sehat merupakan hal yang penting jika Anda mencoba menambah berat badan. Tingkatkan masukan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks, daripada makanan yang kaya akan lemak tidak sehat dan gula.

Perlu diingat bahwa cara yang alami tidak mungkin memberikan hasil dalam waktu instan seperti Anda melakukan operasi payudara, selain itu hasil yang didapat juga bervariasi untuk setiap individu.

Namun cara ini jauh lebih aman dibandingkan operasi payudara. Jadi bila Anda menginginkan hasil yang diinginkan lakukan cara di atas dengan konsisten yang tentunya dilakukan dengan penuh kesabaran.

Mau mencoba?

Sumber: health/dokter.id

 



Leave a Comment