Jangan Lewatkan Sahur! Ini 7 Manfaat Sahut Yang Penting Untuk Diketahui. No. 3 Idaman Semua Wanita.

Aktifitas yang paling identik dengan bulan puasa ialah sahur dan berbuka. Namun, banyak orang yang kesulitan melakukan santap sahur dengan berbagai alasan, salah satunya malas bangun pagi.

Namun, perlu diketahui, ternyata bersantap sahur memiliki banyak manfaat penting lho. Terutama untuk kesehatan kita selama menjalankan ibadah puasa. Apa saja manfaat penting itu? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Menambah Tenaga Saat Puasa 

Loading...

via kumparan.com

Maanfaat makan sahur yang pertama adalah untuk menambah stamina untuk menjalankan ibadah puasa. Jika kita sahur maka energi dalam tubuh akan tertata dengan baik. Alhasil kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Makan sahur akan menjadi persiapan kita untuk menempuh puasa selama seharian.

2. Menjalankan Sunnah Nabi

Rosulullah SAW selalu menganjurkan umat islam agar bersantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur memang bukan syarat sah puasa, namun, sahur termasuk sunnah Nabi. Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini sayang dong jika melewatkan hal-hal yang berbau sunnah sekalipun. Apalagi pahala kita akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan ini.

3. Membantu Proses Diet

Tahu nggak? Ternyata melakukan santap sahur bisa melancarkan program diet kita lho. Hal ini pasti jadi dambaan kebanyakan kaum hawa. Namun kamu harus tetap memperhatikan dengan baik makanan yang kamu santap. Baik saat sahur ataupun berbuka. Sebab jika salah makan, bukannya diet didapat melainkan akan membuat lemak semakin menumpuk dalam tubuhmu.

4. Sarana Bersedekah

Waktu sahur bisa juga menjadi sarana kita berbagi rizki dengan orang lain. Sedekah tak hanya dengan menggunakan uang lho, bisa juga dengan menyediakan makanan untuk sahur bagi keluarga atau untuk di bagi-bagikan ke fakir miskin atau ibnu sabil (orang yang merantau) yang membutuhkan.

5. Mencegah Syndrom Metabolik

Syndrom metabolik meliputi beberapa macam penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes hingga stroke. Sindrom ini merupakan suatu keadaan yang tak baik bagi kesehatan. Sebab dapat memicu naiknya tekanan gula darah, kolesterol, tekanan darah hingga penumpukan lemak pada area pinggang terjadi secara bersama-sama.

Dengan makan sahur, kita bisa mengurangi resiko tersebut, karena sahur dapat menjaga pencernaan dan metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Para ahli kesehatan berpendapat jika makan sahur bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat lho! Tubuh pun akan mempunyai perlindungan yang tinggi pada serangan virus dan bakteri. Nah, jadi jangan ragu lagi untuk melakukan kegiatan makan sahur agar terhindari dari bakteri maupun virus.

7. Kesempatan Beribadah

Waktu sahur dimulai sejak sepertiga malam terakhir. Waktu ini juga dikenal dengan waktu yang ijabah atau waktu dimana do'a dan amalan baik kita mudah diterima Allah SWT. Terlebih pada bulan Ramadhan kita memang dianjurkan untuk melakukan ibadah-ibadah yang bersifat wajib ataupun sunnah. Kita dapat mengisi waktu luang menunggu subuh dengan membaca lantunan ayat suci Al-Qur’an. Dengan bangun diwaktu ini kita bisa mendapat pahala berlipat terlebih dengan melakukan santap sahur.

 

Sumber: Serumpi.com

Loading...

Leave a Comment