Jangan Buru-buru Dibuang! Inilah Sejuta Manfaat Minyak Goreng Bekas Jelantah

Apakah anda memiliki sisa minyak goreng atau minyak jelantah di rumah? Jika iya jangan buru-buru dibuang. Selain berbahaya jika digunakan berulang-ulang (untuk konsumsi), limbah minyak goreng yang dibuang sembarang bisa berbahaya bagi lingkungan.

Ada baiknya limbah minyak goreng ini dikumpulkan dalam satu wadah khusus. Karena limbah minyak goreng bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Simak ulasan.net rangkum dari berbagai sumber:

Bahan bakar lampu minyak

Minyak goreng bekas dimanfaatkan sebagai bahan bakar lampu minyak (Jawa: lampu sentir). Ini tentu saja sangat bermanfaat dan bisa diaplikasikan jika listrik tiba-tiba mati, sementara di rumah tidak ada alat penerang lain yang bisa diandalkan.

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Pertama, sediakan tutup kaleng biskuit atau wadah lain yang tidak mudah bocor atau terbakar jika tersentuh api. Tuangkan minyak goreng bekas ke dalamnya. Kemudian ambil segumpalan kapas yang sudah di padatkan. Lalu letakkan di tengah-tengah tutup kaleng biskuit tersebut. Biarkan beberapa saat hingga minyak meresap membasahi semua bagian kapas. Selanjutnya, siraman bakar kapas tersebut dengan korek api, hingga menyala layaknya lampu minyak. Nah, lampu minyak berbahan bakar minyak goreng bekas siap menerangi ruangan Anda.

Bahan tambahan pakan ternak

Minyak goreng bekas bisa dimanfaatkan sebagai tambahan pakan ternak, seperti unggas. Peneliti dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, Ade Rakhmadi, mencoba memanfaatkan minyak jelantah atau sisa minyak sawit sebagai salah satu bahan pakan burung puyuh.

Sebelum digunakan minyak jelantah dimurnikan untuk menghindari sifat karsinogenik atau racun terhadap makhluk hidup semisal puyuh. Dilakukan tiga tahap pemurnian yakni pemisahan Gum, netralisasi, dan pemucatan. Baru setelah itu minyak jelantah bisa digunakan sebagai campuran ke dalam ransum atau pakan puyuh.

Leave a Comment