Empat Cara Membuat Bayi Nyaman Saat Tumbuh Gigi, Ibu-ibu Wajib Tahu!

Tumbuh gigi pertama merupakan fase yang pasti dialami oleh semua bayi. Namun, pada fase ini ibu sering dibuat kuwalahan karena anak menjadi lebih rewel dan sulit di tebak kemauannya.

Biasanya, anak juga akan menglami beberapa gejala seperti demam ringan, ruam di wajah karena air liur yang terus-menerus menetes, serta menjadi tidak nafsu makan karena rasa sakit di gusinya yang membuatnya tidak nyaman.

Buat Moms yang memiliki bayi yang akan tumbuh gigi tak perlu khawatir, karena ada beberapa treatment untuk membuat bayi lebih nyaman saat akan tumbuh gigi.

Loading...

1. Berikan Teether Dingin

Teether adalah mainan khusus untuk bayi yang akan tumbuh gigi. Mainan ini bentuknya beraneka ragam tapi memiliki lingkaran yang dapat memudahkan bayi untuk menggenggamnya. Di dalamnya biasanya berisi gel atau air sehingga teksturnya sedikit lunak, dan bila dimasukan ke kulkas akan terasa dingin. Bayi yang tumbuh gigi akan senang menggigit mainan ini, apalagi jika terasa dingin. Rasa dingin akan membantu meredakan rasa nyeri pada gusi dan membuat lebih nyaman.

2. Beri Obat Khusus Untuk Bayi Tumbuh Gigi

Obat ini bisa di dapatkan di apotek-apotek terdekat dengan berbagai merk. Cara kerjanya sama seperti obat bius oles yang akan membuat gusi mati rasa sesaat setelah diolesi. Dengan begitu bayi tidak akan merasa sakit dan tidak akan rewel lagi. Perlu di ingat, gunakan obat ini hanya saat di perlukan saja.

3. Berikan Punggung Jari Anda

Biasanya bayi sangat suka menggigit segala hal di dekatnya saat akan tumbuh gigi. Bila terpaksa barikan punggung jari anda untuk dia gigit. Jangan berikan ujung jari anda karena kuku yang kurang bersih bisa menjadi perantara masuknya kuman dan bakteri kemulut bayi.

4. Berikan ASI

Selain berfungsi sebagai sumber utama nutrisi untuk bayi, ASI juga berfungsi bebagai pain killer alami. Memberikan ASI pada bayi yang rewel karena akan tumbuh gigi akan meredakan rasa nyeri pada gusinya.

Bagaimana? tips-tips diatas sangat mudah bukan untuk dilakukan. Jadi tak perlu lagi merasa khawatir menghadapi bayi yang rewel saat akan tumbuh gigi.

Loading...

Leave a Comment