Begini Kronologi Tragedi 'Surabaya Membara' Yang Tewaskan 3 Orang Penonton.

Baru lima belas menit berlangsung, Pertunjukan Drama Kolosal 'Surabaya Membara' yang diadakan di sekitar Tugu Pahlawan dan Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (9/11/2018) diwarnai insiden berdarah.

Pengakuan Warga Saksikan Detik-detik Penonton Surabaya Membara Jatuh dari Viaduk: Kereta Jalan Pelan

Pasalnya, sebanyak 3 orang penoton tewas serta 20 penonton lainnya mengalami luka berat dan ringan akibat tertabrak kereta dan terjatuh dari viaduk (jembatan atas kereta).

Loading...

Kejadian naas tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB saat drama kolosal Surabaya Membara baru saja berlangsung.

Penonton telah memadati area pertunjukan bahkan sejak setengah jam  sebelum acara dimulai. Jumlah penonton yang datang membeludak hingga ada yang memilih menonton dari atas viaduk Jalan Pahlawan.

Sebelum insiden, suara peluit kereta api yang hendak melintas sudah terdengar dari kejauhan. Bahkan, Kereta Api tersebut telah mengurangi kecapatannya dari 30 KM/jam menjadi 15 KM/jam.

Menurut penuturan beberapa saksi, sebenarnya penonton yang berada di bawah viaduk telah memperingat penonton diatas viaduk untuk turun karena kereta api hendak melintas. Saat kereta melintas dengan kecepatan rendah, penonton yang ada di atas viaduk saling berpegangan.

"Dari jauh sudah terdengar suara sepur ngebel, sepur sih kelihatanya jalan pelan kok, sekitar 10 km-an," terang Takim salah seorang penonton yang juga mengabadikan insiden tersebut menggunakan kameranya.

Ditambahkan Takim, saat kereta mulai melewati area jembatan, warga terlihat mulai berdesakan, dan sejumlah terlihat melompat, lalu terjatuh dari atas jembatan.

Laporan yang diterima PT KAI Daop 8, ada beberapa penonton yang berusaha melompat ke kereta karena kereta berjalan pelan. Diduga karena kehilangan keseimbangan dan tersenggol badan kereta api, beberapa penonton terjatuh ke bawah dari ketinggian sekitar 7 meter.

Penonton yang terjatuh sebagian ada yang mengalami patah tulang. Korban meninggal ada yang terlindas kereta api. Polisi mencatat ada 3 korban meninggal dan 20 korban luka berat dan ringan. Salah satu korban meninggal diketahui adalah bocah SD berusia 9 tahun.

Para korban selanjutnya dievakuasi ke RSUD dr Soetomo, RSUD Soewandhie dan RS PHC Tanjung Perak Surabaya. Saat peristiwa terjadi, drama kolosal Surabaya Membara tetap berlangsung.

Loading...

Leave a Comment