5 Alasan Aneh Kenapa Kamu Sulit Buang Air Besar

Buang air besar merupakan aktivitas sehat nan intim yang sebaiknya kamu lakukan setiap hari. Idealnya, buang air besar harus selalu rutin terjadi saat pagi hari, setelah kamu bangun tidur.

Namun, kenyataannya tidak semua aktivitas buang air besar dapat berlangsung secara rutin. Biasanya kamu akan mengalami kesulitan buang air besar hingga sembelit. Penasaran kenapa hal tersebut bisa menimpa kamu? Berikut alasan aneh kenapa buang air besar kamu tidak lancar :

Jadwal yang sibuk dan padat                             

Saat jadwalmu padat dan sibuk, kamu pasti menahan keinginanmu untuk buang air besar ketika alarm alami itu datang. Namun saat kamu sudah santai dan ingin buang air besar, maka rasanya kegiatan itu tidak berlangsung dengan mulus. Well, jadi jangan heran bahwa kesibukan memang bisa membuat BAB jadi tidak lancar.

Konsumsi makanan tinggi zat besi dan kalsium

Zat besi dan kalsium merupakan salah satu nutrisi yang bisa membuat BAB jadi sulit keluar. Itulah sebabnya para ibu hamil juga terkadang kesulitan untuk BAB karena mereka selalu disarankan untuk minum vitamin yang mengandung kalsium dan zat besi untuk menyehatkan janin mereka.

Diet rendah serat

Serat merupakan salah satu nutrisi paling baik untuk memperlancar proses BAB. Nah, ketika menu makanan atau diet yang kamu jalani minim akan kandungan serat maka bisa ditebak kamu akan kesulitan untuk BAB. Jadi, jangan pernah tinggalkan serat agar BAB kamu jadi lancar.

Faktor psikologis

Tak hanya soal fisik, kondisi psikologis kamu juga bisa mempengaruhi proses BAB lho. Terutama jika kamu stres atau tertekan, maka BAB kamu jadi tidak lancar.

Konsumsi anti depresan

Anti depresan merupakan obat yang memiliki sifat antikolinergik yang memblokir acetylcholine yang diperlukan untuk kontraksi usus. Sehingga tentu saja BAB kamu jadi tidak lancar.

XX



Leave a Comment