4 dampak buruk kalau jarang ganti bantal tidur

Bantal memiliki fungsi untuk membuat tidur lebih nyenyak. Namun kebanyakan orang sering mengabaikan kebersihan bantal. Padahal bantai memiliki banyak dampak buruk bila jarang diganti.

Meski sarung bantalnya sering diganti namun kebersihan bagian dalam bantal juga harus diperhatikan. Seperti dilansir brilio.net dari Thehealtsite, Kamis (31/8) berikut empat dampak buruk yang dapat timbul bila tidak pernah mengganti bantal.

1. Menyebabkan jerawat

Rupanya bantal salah satu pemicu timbulnya jerawat. Apalagi bila banyak kotor sangat mudah bakteri yang menempel ke wajah dan wajah jadi berjerawat.

2. Tungau debu sebabkan alergi

Tungau debu adalah pemicu utama alergi dan asma. Semua minyak dan sel-sel mati dari kulit adalah makanan bagi tungau debu. Sementara arthropoda mungil terlalu kecil untuk terlihat dengan mata telanjang, mereka memakan serpihan kulit dari bantal yang kita jadikan sandaran setiap hari. Anda harus mengganti bantal secara teratur agar tungau tidak masuk ke bantal.

3. Bantal usang tidak mampu menahan kepala

Fungsi bantal adalah untuk menahan kepala, namun bila bantal yang sudah lusuh dan sudah lama tidak bisa menopang kepala dan menyebabkan sakit pada leher. Jadi, bantal kamu bisa rata dengan setiap kali setelah dicuci. Lipat bantal menjadi dua dan lepaskan. Jika bantal tetap dilipat, sekarang saatnya kamu mendapatkan sandaran kepala baru untuk diri sendiri.

4. Bantal memiliki tanggal kedaluwarsa

Tak hanya makanan, bantal juga memiliki tanggal kadaluarsa loh. Yang baik mengganti bantal dengan bantal baru adalah satu tahun sekali. Sebab, jika bantal tidak diganti dalam waktu lama, maka fungsinya akan menurun sehingga akan membahayakan kesehatan.

sumber : brilio.net



Tags

Kesehatan

Leave a Comment