10 Cara sederhana atasi stres, supaya tidak jadi penyakit

Salah satu penyebab stres ialah beban dan rutinitas bekerja. jika Anda stres, pekerjaan Anda kana molor atau malah berantakan. Bagaimana baiknya?

1. Sempatkan waktu istirahat ketika bekerja!

Istirahat ketika bekerja sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah. Secara ilmiah telah terbukti bahwa istirahat ketika bekerja dapat menurunkan hormon stress dan meningkatkan produktivitas loh. Selain itu dengan istirahat dapat merelaksasikan badan yang tegang.

Nah penting ya guys membiasakan diri untuk istirahat ketika bekerja. Manfaatkan waktu istirahatmu sebaik mungkin ya...

2. Luangkan 5 menitmu ketika bekerja untuk meditasi.

Meditasi mempunyai segudang manfaat untuk mental dan kesehatan. Meditasi dapat merileksasikan kerja pikiran dan tubuh guys. Dengan meditasi, maka kamu dapat merasa tenang dan damai. Maka dari itu, di tengah kesibukanmu luangkan waktu 5 menit saja untuk sejenak menarik napas panjang demi memerangi stres guys.

Meditasi membantu kamu untuk lebih konsentrasi dan menyembuhkan tekanan mental dan membantumu terkoneksi dengan lubuk jiwamu terdalam loh. Secara ilmiah sudah terbukti meditasi dapat melawan kecemasan, stres, bahkan insomnia.

3. Temukan sebab stres dan carilah solusi.

Ketika kamu merasa ada sesuatu salah maka coba temukan mana sumber masalahnya. Jika kamu sudah tau sumber masalahnya, maka coba cari solusi untuk menyelesaikan masalah itu.

Mungkin saja tugas dari bos terlalu berat, maka coba berkomunikasi dengan bos untuk mencari jalan penyelesaian. Atau jika proyek yang kamu kerjakan cukup ribet, mintalah solusi dan bantuan kepada pimpinan atau teman kerja.

Keadaan mental setiap orang tidak sama. Maka jika ada masalah, bergeraklah untuk mencari solusi agar tidak terjebak dalam lingkup stres berkepanjangan ya guys.

4. Beri apresisasi untuk diri sendiri!

Mendapat gaji merupakan bentuk apresiasi bagi seorang pekerja. Ketika sudah mendapatkan gaji maka coba nyamankan dirimu dengan bersenang-senang seperti nongkrong di warung kopi, dan melakukan hal-hal yang kamu suka.

Selain itu kamu harus menghargai diri sendiri dengan selalu berpikir positif. Beri semangat kepada diri sendiri seperti berkata "ya kamu pasti bisa!", " kamu yang terbaik!", "Tidak ada yang tidak mungkin!".

Banyak hal lain yang bisa kamu lakukan utuk menghibur diri sendiri, dan kamulah yang paling mengerti dirimu. Rencanakan weekend-mu untuk bersenang-senang ya guys.

5. Lakukan terapi pijatan pada kepala.

Pijatan kepala merupakan teknik relaksasi untuk menghilangkan stress. Luangkan waktu seminggu sekali untuk melakukan pijatan kepala. Kamu bisa melakukan pijatan sendiri atau minta bantuan pada orang lain, atau untuk hasil yang sempurna maka kamu bisa pergi ke salon yang meyediakan jasa pijatan kepala. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa sekalian melakukan pijatan pada tubuh.

Secara medis, pijatan ini memperlancar peredaran darah. Syarafmu yang tegang juga menjadi lebih rileks. Dengan pijatan sakit di tubuhmu juga bisa hilang guys. Nah gimana, mau mencoba?

6. Ceritakan tekananmu dalam bekerja kepada seseorang yang kamu cinta.

Sangat penting untuk berbagi keluh kesahmu dalam bekerja kepada seseorang yang kamu cintai. Seseorang tersebut bisa pacar, keluarga, atau teman. Menceritakan masalah pekerjaan dapat meringankan sedikit bebannya. Orang-orang yang kamu kasihi dapat memberi dukungan mental kepadamu.

Nah luangkan waktumu untuk ngobrol bareng mereka ya guys. Orang yang kamu cinta akan mengerti kamu dan memberikan solusi yang sesuai dengan dirimu.

7. Berhenti khawatir pada dirimu bahwa sedang stres! jangan terlalu dipikirkan ya.

Stop berpikir bahwa kamu sedang stres! Hal itu dapat meningkatkan keresahanmu. Daripada berpikir demikian, lebih baik dengarkan musik kesukaanmu agar mentalmu lebih sehat. Jalan-jalanlah, jatuh cinta, bersepeda, naik gunung, dan konsentrasi pada hobi-mu.

Memikirkan sebab stres-mu tidak akan memberikan solusi, justru membuatmu makin khawatir. Maka lebih baik beri jarak pada stres dan lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.

8. Bekerjalah sesuai prioritasmu.

Siapkan secarik kertas atau catatan untuk menuliskan prioritas pekerjaanmu. Skala prioritas tersebut dapat membantumu menjadi lebih produktif. Jika pimpinanmu memberikan setumpuk pekerjaan, maka coba pilah mana yang harus dikerjakan dulu.

Kebiasaan membuat skala prioritas dapat mengurangi tingkat stres dan membuat pekerjaan mu lebih terorganisisir. Jika kamu tau skala proritasmu maka lebih mudah bagimu membuat target untuk meraih kesuksesan. Kamu bisa membuat target harian, mingguan, juga bulanan loh guys agar lebih terorganisir.

9. Makan, tidur dan yoga.

Makanan sehat, tidur yang cukup dan rutin melakukan yoga dapat meningkatkan energi positif dalam tubuhmu. Buah, sayur dan air amat penting untuk kesehatan. Waktu tidur yang teratur juga dapat menyehatkan pikiran. Selain itu yoga, berenang, menari, aerobik dan kegiatan fisik lainnya dapat meningkatkan performa tubuhmu.

Tubuh yang sehat merupakan awal pikiran yang sehat. Secara medis, yoga terbukti dapat membantu mengeluarkan keringat, yang mana ketika keringat keluar, racun dalam tubuh juga keluar. Tidur 7-8 jam sehari juga mampu membantumu lebih konsen saat bekerja. Nah gaya hidup yang sehat seperti ini akan membantumu menghilangkan stres karena bekerja guys.

10. Lakukan apa yang kamu suka!

Jangan pernah melakukan hal yang tidak membuatmu senang! Ikuti passion dan kata hatimu. Jika kamu tidak suka melakukan pekerjaanmu sekarang, jangan diteruskan. Melakukan hal yang tidak kita suka tidak akan ada gunanya dan hanya menambah tingkat stres. Pekerjaan yang tidak sesuai passion lebih baik ditinggalkan dan cari pekerjaan lain.

Jika kamu suka programing, dan diberi tugas untuk membersihkan database, maka tidak ada alasan untuk meneruskan pekerjaan tersebut. Kamu tidak seharusnya bekerja di situ dan itu bukan ketertarikanmu. Mungkin akan ada kasus kamu dilanda stres padahal sedang melakukan pekerjaan favouritmu.

Maka ingatkan dirimu lagi, bahwa ini pekerjaan favoritmu. Lalu lakukan cara-cara menghilangkan stres yang telah dituliskan di atas. Jangan lupa luangkan waktu untuk bersama keluarga sebelum stres melandamu.

sumber : brilio.net



Leave a Comment