Home

 Trending

 Inspiratif

 Kesehatan

 Viral

 Tips

 Kecantikan

Stop Berikan Gadget Pada Anak! Ini 7 Alasannya

2018-04-17 14:09

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal gadget? Bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakannya untuk kepentingan sehari-hari, tapi kini anak-anak pun sudah mahir menggunakannya.

Namun, dibalik serunya bermain gadget, ternyata ada bahaya yang mengancam tumbuh kembang anak lho. Berikut 7 alasan mengapa gadget berpengaruh buruk pada anak.

1. Penurunan Perkembangan Otak

Otak mengalami perkembangan sangat pesat pada lima tahun pertama kehidupan seorang anak. Studi menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang terlalu sering dapat mempengaruhi perkembangan fungsi otak seorang anak dan menyebabkan kurangnya perhatian anak terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Radiasi

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Leeds dan Universitas Manchester and Institute of Cancer Research di Manchester, Inggris, menyatakan saraf seorang anak masih berkembang dan tengkorak yang tipis membuat anak rentan terpapar radiasi dari layar gadget. Penggunaan gadget di dekat kepala anak dikhawatirkan akan merusak sel otak anak.

3. Mengurangi Kemampuan Interaksi Sosial

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The New York Times, penulis buku IBrain: Surviving The Technological Alteration of The Modern Mind dan direktur Longevity Center di University of California, Dr. Gary Small mengatakan bahwa anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan bermain gadget akan menyebabkan berkurangnya interaksi dan keterampilan komunikasi.

4. Tempramental

Tidak jarang kita jumpai anak yang kecanduan bermain gadget menjadi lebih agresif. Bentuk agresifitas yang paling umum terjadi pada anak adalah tantrum. Sifat agresif pada anak muncul akibat paparan gadget yang terlalu sering. Anak-anak seperti ini ada kemungkinan besar tidak patuh terhadap orang tua saat mereka dewasa nanti.

5. Obesitas

Anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah hanya dengan bermain gadget memiliki kemungkinan besar mengalami obesitas. Penyebanya, pembakaran kalori yang terhambat karena anak tidak melakukan aktifitas fisik.

6. Merusak Penglihatan

Kontak yang terlalu lama dengan layar gadget dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Para ahli mengatakan, penglihatan yang baik dapat diperoleh dengan menatap benda dari jarak yang bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain gadget akan berkemungkinan besar mengalami kerusakan pada mata.


7. Kurangnya minat bermain di alam terbuka

Gadget merusak perkembangan anak. Namun, banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anak mereka terasing dari alam, tumbuhan, hewan, air dan langit. Seorang balita harus mampu
melempar bola, melompat, berlari dan bernyanyi. Pada intinya, anak harus rajin bergerak untuk merangsang perkembangan saraf motorik nya.

Jadi sebaiknya mulailah membiasakan mengajak anak bermain di alam bebas lebih sering untuk tumbuh kembang anak yg lebih baik.

 



Share on Whatsapp
NEXT : Empat Cara Membuat Bayi Nyaman Saat Tumbuh Gigi, Ibu-ibu Wajib Tahu!

Recommendation


Wanita Ini Meninggal Karena Menganggap Sakitnya Masuk Angin Biasa

Hadiri Premiere AVENGERS: Invinity Wars, Gaya Cinta Laura Berikut Ini Tak Kalah Dengan Bintang Holywood

Wow! Di Malaysia Dukun pun Ikut Pemilu

Lagi! Bom Bunuh Diri Gagal Di Rusun Wonocolo Sidoarjo. Salah Satu Anak Pelaku Sempat Bawa Adik-Adiknya Ke Rumah Sakit.

Astaghfirullah...Sungguh Tega! Gara-Gara Belum Bayar Mahar, Pria Ini Malah Curi Dan Jual Ginjal Istrinya.

Unggah Foto-Foto Prewed, Pose Raditya Dika Malah Bikin Ngakak Warganet.